Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Selasa, 13 Oktober 2009

Virus dan Worm pada Mac


Hampir semua sistem operasi komputer tidak ada yang kebal dari virus. Pengguna Mac tak lagi boleh sesumbar bahwa perangkatnya kebal virus. Sebuah virus merangkap worm sudah berhasil menyerang platform OS X, sistem operasi pilihan pada Mac sejak Januari lau. Virus ini menyebar via software iWorks ’09 ilegal dan juga Adobe Photoshop CS4 for Mac. Sekitar 5000 Mac sudah berhasil diinfeksinya.

Untungnya virus Mac ini amatiran. Kendati mencoba mencuri alamat e-mail, merekam ketukan kunci (keystroke), dan mengirim dirinya sendiri via hardisk yang terpasang. Trojan yang dibuat dalam RealBasic ini tidak mampu menyebar secara mandiri. Dijuluki Tored, worm yang merangkap trojan ini diyakini adalah botnet Mac pertama.

Virus ini mungkin adalah trojan “email aware” pertama yang menyerang Mac. Beberapa tahun lalu memang ada beberapa trojan khas Apple, tetapi tampaknya yang satu ini adalah virus pertama yang juga berubah menyerupai worm. Kendati tidak berbahaya, perilakunya mencerminkan jenis serangan baru pada platform Mac.

Tetapi Tored bukanlah ancaman yang sangat serius dan mungkin tidak akan ada yang mengalaminya. Ancaman yang lebih serius bagi pengguna Mac adalah trojan yang ditanamkan pada website yang menawarkan download an menarik.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES