Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Kamis, 23 Juli 2009

1. Waspadai Malaware di Ponsel Symbian 3rd Edition


Anda pengguna ponsel bersistem operasi symbian 3rd edition? Berhati-hatilah, karena beberapa firma sekuriti menemukan adanya ancaman mobile baru yang menarget produk tersebut. Si worm, yang telah mengantongi sertifikat symbian, akan menyebarkan diri dengan menyebarkan link berbahaya via SMS ke semua nomor yang ada di memory ponsel yang terjangkiti.
Menurut tim antivirus Research & Response F-secure, ancaman yang di identifikasikan sebagai trojan:SymbOS/Yxe.A ini termasuk baru untuk platform S60 3rd Edition. “ini sesuatu yang jarang kami lihat. Ada spy tool dan ancaman privasi lainya yang di tunjukan pada ponsel S60 3rd Edition, tapi untuk malware biasanya sebagian besar menyasar hadset S60 2nd Edition.” Tutur mereka.
F-secure mengkarakterisasi si mobile malware sebagai trojan karena kemapuanya dalam mencuri data dan teknik sosial yang di ciptakan oleh penciptanya. Dan aplikasi jahat ini telah di lengkapi dengan sertifikat yang di amini oleh symbian untuk menghindari kecurigaan dari pengguna.
Jika anda terkecoh dan menginstalasi link yang dikirimkan melalui sms tersebut, yang berarti mengunduh si malware, program akan mengumpulkan informasi identifikasi ponsel anda seperti type, nomor IMEI dan IMSI, kemudian memasukanya kesuatu remote server. Katanya sih aplikasi ini aslinya di buat di china.
Si malware akan berusaha menyembunyikan jejakya, degan berjalan dengan nama proses “EconServer.exe”. Jika ada Symbian Application Manager di ponsel anda, si worm dapat dengan mudah di uninstal sepertihalnya siftware biasa. Tapi jangan senang dulu, karena ia akan berusaha menghentikan proses AppMngr serta aplikasi lainya yang ingin mengidentifikasikanya seperti ActiveFile, TaskMan,TaskSpy, atau Y-Tasks.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES