Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Sabtu, 25 Juli 2009

Release Candidate KDE 4.1 Versi Pertama


Versi perdana dari RC atau Release Candidate dari KDE 4.1 telah diluncurkan kemarin (14 Juli 2008) oleh KDE Community. Adapun versi final rilis dari KDE 4.1 direncanakan akan dipublikasikan kepada kalangan luas pada akhir dari bulan ini sekitar tanggal 29 Juli.

KDE 4.1 RCI telah dirilis untuk dilakukan pengetesan oleh pada tester dan ditujukan agar dapat ditemukan kesalahan atau bugsnya sehingga pada peluncuran KDE 4.1 versi final maka produk ini siap diproduksi dan bebas kesalahan. Apabila Anda merupakan pengguna dengan NVIDIA Grafik Card dan menggunakan beberapa binary dari driver NVIDIa maka Anda sepertinya harus bersabar karena untuk versi ini terdapat beberapa masalah yaitu dalam hal window switching dan resizing.

Seperti kita ketahui bersama bahwa aplikasi KDE 4.1 ini ditulis dalam bahasa pemograman C++, namun bahasa pemograman yang mengikat untuk menyediakan fungsionalitas dari KDE library ke aplikasi untuk pengembangannya menggunakan bahasa pemograman yang berbeda. Terdapat 2 pendukung bahasa pemograman yaitu Python dan Ruby.

Pada tanggal 29 Juli, para pengguna Linux telah dapat menggunakan KDE 4.1, dimana kehadiran dari KDE 4.1 ini telah dinantikan oleh banyak penggunanya dimana terdapat beberapa kritik serta ketidakpuasan yang dilontarkan oleh sebagian penggunanya terhadap performa dan kinerja dari KDE 4.0. Untuk saat ini, pengguna Linux dapat melihat perkembangan dari pengembangan KDE 4.1 ini dimana jadwal lengkap dari proses pengembangannya dapat kita ketahui bersama, adapun proses awal dari pengembangannya dimulai dari versi Alpha yang kemudian dikembangkan untuk pengguna desktop. Saat ini kita dapat mendownload LiveCD dari KDE 4.1 ini dan mengujinya.

Adapun jadwal lengkap dari pengembangan KDE 4.1 yaitu :
April 29, 2008: KDE 4.1 Alpha 1 Release
May 27, 2008: KDE 4.1 Beta 1 Release
June 24, 2008: Release KDE 4.1 Beta 2 Release
July 15, 2008: Release KDE 4.1 RC 1 Release
July 29, 2008: Release KDE 4.1 Release
Seputar KDE

KDE atau K Desktop Environment merupakan GUI(Grafik User Interface)-based yang merupakan tampilan utama dari pengguna untuk system Unix ataupun Linux namun saat ini telah mendukung juga untuk penggunaan Windows dan Mac. Adapun source code dari KDE ini didistribusikan secara gratis dan bebas serta dimaintain oleh para pengembang/developer diseluruh dunia. Lindows yang menggunakan KDE salah satunya adalah Linspire desktop dimana telah terjadi beberapa perubahan dari paket defaultnya yang ditujukan agas system ini lebih terlihat seperti Microsoft Windows karena banyak pengguna kompter yang familiar dengan OS windows. KDE digunakan oleh Ubuntu(Linux), dimana terdapat pula kombinasi versi lainnya yang biasa disebut Kubuntu. Untuk informasi lebih lengkap mengenai KDE maka Anda dapat mengunjungi (http://www.kde.org).

Oleh : Willmen TB Panjaitan

Universitas Atma Jaya



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES