Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Rabu, 23 September 2009

Linux Ubuntu Portable


Sistem operasi dengan berbagai aplikasi di masukan kedalam USB flash disk. Jadilah sebuah sebuah komputer dalam USB flash disk.
Artike ini berguna bagi orang yang tidak ingin bawa notebook kemana-mana tapi hendak membawa data dan programnya kemana-mana. Data itu bisa berupa e-mail, dokumen kantor, foto, musik, atau video. Sedangkan program bisa di pakai klien e-mail, mengolah kata, menyunting foto, pemutar multimedia, bahkan sistem operasi.
Untuk itu, kita Cuma butuh alat sebesar ibu jari yaitu, USB flash disk. Tak perlu USB flash disk berkapasitas besar. USB flash disk berkapasitas 2 GB, kapasitas kebanyakan USB flash disk saat ini, sudah cukup menampung sistem operasi dan beberapa program.
Hanya saja, dengan kapasitas 2 GB kita harus pintar-pintar memilih program yang hendak di tampung. Kalau mau bebas memilih program, kita harus memilih USB flash disk yang berukuran lebih besar, 8 GB misalnya.
Bagaimana cara pintar memilih program? Gampang. Pilih saja program yang benar-benar berguna. Kalau anda harus memeriksa e-mail, bawalah aplikasi klien e-mail. Kalau anda harus membuat surat, bawalah program pengolah kata. Kalau anda harus membuat program pengolah presentasi, bawalah program untuk itu.
Pada artikel ini, selain membahas program-program yang tadi di sebutkan, anda bisa memasukan sistem operasi pada USB flash disk dengan mudah.
Mari kita hitung-hitungan. Sistem operasi Ubuntu portable untuk Windows berukuran 439 MB dalam bentuk 7-Z. setelah di ekstrak ukuranya menjadi 1,8 GB. Pengolah kata Abi Word berukuran 17 MB, sedangkan aplikasi klien e-mail Mozilla Thunderbird berukuran 25 MB.kalau di jumlah, seluruh program berukuran 452 MB. Pas untuk USB flash disk berkapasitas 2 GB, meski sisanya mepet. Jika ingin lebih baik lagi bisa gunakan USB 4 GB. Anda masih bisa menambahkan aplikasi plus menambahkan data.
Kalau anda hendak memasukan aplikasi lain, GIMP portable yang berukuran 17 MB plus paket OpenOffice.org secara lengkap berukuran 221 MB misalnya, anda butuh flash disk yang berkapasitas lebih besar. Anda harus pikirkan, program apa yang tak anda begitu butuh? Program apa yang sering anda temukan di berbagai komputer? Program itulah yang tak perlu dimasukan kedalam USB flash disk.
Oh ya. Dari tadi menyebut USB flash disk mulu neh. Tak hanya USB flash disk saja yang bisa di pakai. Kita juga bisa membuat hal yang serupa dengan perangkat penyimpanan lain yang memiliki koneksi USB. Kita juga bisa memakai harddisk eksternal dan pemutar MP3 untuk hal yang sama.

Ubuntu Portable
Ubuntu ini bisa anda peroleh di dari situs Web yang beralamat http://portableubuntu.sourceforge.net/. Kalau tertarik untuk mengunduh tadi ukuranya sudah disebutkan, 439 MB.
Ubutu portable tak ubahnya program yang berjalan di sistem operasi Windows. Hanya saja, karena bersifat portable, Ubuntu tak usah di instal. Biarpun portable, ubuntu ini sudah memiliki browser Firefox, AbiWord, pemutar video, beberapa game, dan beberapa aksesori lainya. Anda bisa menginstal aplikasi lain lewat Synaptic Package Manager. Cara instalnya gimana? Lihat neh langkah keenam.
Sebelum melangkah keenam kita simak beberapa cara pakai Ubuntu portable ini.
1. Setelah anda mendownload file Ubuntu tersebut bernama Portable_Ubuntu. File itu adalah file 7-Zip. Extrak file tadi ke flash disk atau kehardisk.
2. Anda akan mendapati folder bernama Portable_Ubuntu. Silahkan salin seluruh folder itu kedalam USB flash disk. Minimal, USB flash disk itu berkapasitas 2 GB, soalnya Ubuntu portable tersebut berukuran 1,8 GB.
3. Buka drive flash disk, lalu masuk kedalam folder Portable_Ubuntu. Jalankan file batch bernama “run_portable_ubuntu”.
4. Layar splash Ubuntu portable pun muncul. Jangan terkejut melihat kotak-kotak MS-DOS muncul dengan teks-teks yang bergerak dengan cepat. Tunggu saja proses itu sampai toolbar Ubuntu mucul.
5. Kalau toolbar Ubuntu sudah muncul, dilayar monitor di bagian atas, anda sudah bisa pakai Ubuntu. Anda harus sedikit lebih sabar memakai Ubuntu portable ini. Soalnya, agak-agak bolot. Maklumlah, sebuah sistem operasi di jalankan didalam USB flash disk (Kalo pengen cepat sih masukan aja ke hard disk).
6. Kalau anda ingin menginstal program lain, klik [System]>[Administration]>[Synaptic Package Manager]. Klik [Search] untuk mencari program yang akan di instal. Oh yah… ingat-ingat kapasitas USB flash disk yang di pakai yah. Soalnya program akan di instal di USB flash disk.
7. Kalau sudah selesai pakai Ubuntu, klik icon pintu dengan panah merah yang ada di paling kanan.
Selamat mencoba……………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES