Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Rabu, 23 September 2009

Sejarah komputer


Komputer apa pertama kali di dunia? Bukan Intel, bukan AMD, bukan IMB, bukan Apple. Otak manusialah yang pertama. Hinga kini komputer itulah komputer tercanggih di seluruh dunia. Terlepas dari otak manusia itu, bagaimana perjalanan komputer yang mengisi ruang kerja, ruang keluarga, bahkan kamar tidur kita. Singkatnya begini.
1971-an.
Prossesor yang dui gunakan Datapoint 220 adalah merupakan nenek moyang dari set intruksi prosessor X86.
1973-an.
Micral adalah komputer pertama yang di buat berdasarkan microprossesor, yakni Intel 8008. Dan tahun berikutnya muncul komputer pertama dengan mouse. PC itu bernama Alto. Pada tahun 1975, PC di lengkapi dengan modul visual, sehingga bisa di di pake buat maen game.
1977-an.
Apple II dan Commodore PET. Comodore PET memiliki memory 8 KB. Apple II muncul yang brilian pada waktu itu. Tahun 1979, Antari memperkenalkan dua microkomputer-1 konsole game, 1 lagi komputer rumah.
1981-an.
IMB-5150 menggunakn Intel 8088 dan MS-DOS sebagai sistem operasi, memenuhi pasar. Pada tahun yang sama, komputer portabel di perkenalkan. Yaitu Osborne I. Beratnya lebih dari 10 kilogram. Layarnya 5 inci, drive floppy, memory 64 KB, dan modem.
1982-an.
Muncul Cammcodore 64 adalah komputer terlaris pada saat itu. Konon, terjual hingga 17 juta unit. Pada taun 1983, Apple memperkenalkan Lisa, PC pertama dengan antarmuka grafis. Harganya yang mahal tak sebanding dengan kinerjanya yang lambat, lisa pun jeblok penjualanya.
7984-an.
Apple meluncurkan Macintosh, komputer dengan antarmuka grafis pertama yang mendulang sukses. IMB juga meluncurkan PC Jr. dan PC-AT dengan harga yang 60 persen lebih murah ketimbang Macintosh. Meski demikian, ketimbang PC IMB sebelumnya, PC baru ini lebih hebat dalam media penyimpanan, kinerja dan kapasitas RAM.
1986-an.
Compaq mengeluarkan dekstop pertama yang menggunakan Intel 80386. Arsitektur itu membuat PC jauh lebih cepat ketimbang arsitektur lama. IMB berusaha ikut serta dalam dunia 80386 dengan membuat sistem operasi OS/2 menggantikan DOS. OS/2 membuat penggunaan mouse pada komputer IMB.
1991-an.
Internet mulai muncul. AOL membuat Internet mudah di akses oleh orang. Netscape Navigator Web muncul pada tahun 1994 membua Internet lebih meluas. Intel pun mengeluarkan microprosessor Pentium yang memungkinkan pengguna menjelajah Internet pada kecepatan yang tepat. Tahun 1998, Microsoft membuandel Internet Exploler.
1996-an.
Apple mengalami masa sulit pada tahun 1990. Kembalinya Steve Jobs ke Apple, merupakan tonggak “Apple Returns”. Tahun 1998, mereka meluncurkan iMac dengan casing berwarna biru, ethernet, dan koneksi USB. Sistem operasinya pun baru dan Apple mengambil porsi yang cukup besar di pasar komputer.
1999-an.
AMD mengeluarkan Athlon yang mengalahkan peforma Intel Pentium III. Tahun 2003, AMD mengeluarkan Prossesor 64-bit untuk dekstop Opteron dan Athlon 64. Intel mengekor pada tahun berikutnya. Teknologi 64-bit berlahan menggantikan 32-bit untuk komputer dan Laptop.
2009
Dengan munculnya Intel Atom yang hemat energi, komputer dekstop untuk internetan pun bermunculan. Komputer all-in-one (AIO) yang “menyatukan” komponen kedalam monitor, mulai ramai tahun 2009.
Komputer sekarang memang hemat tempat hemat energi. Memang tak di ragukan lagi, semakin menarik bentuknya dan harganya juga semakin murah. Di bandingkan zaman dulu yang segede “gaban” padahal Cuma untuk menghitun persamaan matematika. Komputer sekarang yang di pakai buat macam-macam jelas lebih menarik. Tapi hanya bukan bentuknya yang berubah, komputer sekarang rata-rata jauh lebih hemat listrik.
Tahun ini, hijau masih tetap hijau. Jadi, masih relevan jika para pembuat para komputer membikin komputer yang hemat energi. Hemat energi itu mempunya keuntungan. Yang langsung berefek bagi para pengguna komputer, adalah tak perlu uang banyak-banyak untuk membayar listrik.
Advan, salah satu perusahan komputer lokal, punya perbandingan daya listrik yang di gunakan komputer pada umumnya dengan komputer hemat listrik. Mereka mengundang ahli listrik dari Semarang sebangai konsultan. Untuk pemakaian 8 jam selama 25 hari sepanjang 12 bulan komputer all-in-one Advan Deskbook menggunakan listrik 85 persen lebih hemat. Nah lo….



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES