Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Selasa, 10 November 2009

Hati-hati Iklan Kelip-kelip


Hati-hati jika berselancar di internet. Penjahat cyber kini banyak yang memanfaatkan ketakutan pengguna agar menggunakan dan membeli software keamanan yang palsu. Symantec Corp. mengumumkan hasil penelitian yang berjudul Report on Rogue Security Software. Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan data selama 12 bulan dari Juli 2008 sampai Juni 2009.

Software keamanan palsu atau "scareware" adalahsoftware yang diklaim sebagai software keamanan asli/sah. Aplikasi-aplikasi palsu tersebut sebenarnya memberikan nilai yang sedikit atau tidak sama sekali. Mungkin juga aplikasi tersebut dapat menginstal program jahat atau mengurangi keamanan komputer secara keseluruhan.

Kekhawatiran pengguna merupakan celah yang dapat digunakan pengguna untuk memberikan klaim palsu seperti iklan yang berkelip-kelip. Iklan-iklan tersebut biasanya memberikan klaim palsu seperti "jika iklan berkelip-kelip, komputer anda mungkin menghadapi resiko atau terinfeksi." Hal ini pada akhirnya memaksa pengguna untuk mengikuti sebuah link untuk memindai komputer mereka atau mendapatkansoftware untuk menghilangkan ancaman tersebut.

Menurut penelitian tersebut, sebanyak 93% instalasisoftware dari 50 software keamanan palsu teratas diunduh sengaja oleh pengguna. Sampai Juni 2009, Symantec telah mendeteksi lebih dari 250 jenis program software keamanan palsu.

Kerugian yang dialami pengguna tak hanya dari segi finansial, namun juga data pribadi dan informasi kartu kredit yang diberikan selama pembelian. Alhasil, data tersebut dapat digunakan untuk penipuan lain dan dijual di forum-forum pasar gelap yang berakhir dengan pencurian identitas.

Sementara itu, banyak metode yang digunakan untuk mengelabui pengguna supaya mengunduh software. Misalnya dengan mengandalkan taktik menakuti-nakuti dan trik rekayasa sosial lainnya. Software keamanan palsu tersebut diiklankan melalui berbagai cara, mulai dari situs Web jahat maupun resmi seperti blog, forum, situs jaringan sosial, dan situs dewasa. Jadi, tetap waspada jika menemukan iklan yang berkelip-kelip. (Indah PM)



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES