Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Jumat, 20 November 2009

Migrasi lagi ke Linux

Tergoda kembali untuk menggunakan OS linux, ubuntu 9.04

Mendapat masalah di windows karena serangan virus dan svhost.exe yang error, karena bug pada windows XP, Tiba-tiba kefikiran lagi untuk mencoba OS Linux soalnya udah ada koneksi internet yang cukup lancar, kebetulan salah seorang temen saya menawarkan cd linux Ubuntu versi terbaru yaitu ubuntu 9.04.

- Instalasi
Proses penginstalan ubuntu yang mudah, terasa lebih lancar, mungkin semua orang yang baru mengenal linux pun bisa menginstalnya, perbedaannya pada partisinya saja, pada linux kita harus membuat partisi swap, di ubuntu 9.04 ini disediakan format FileSystem generasi baru yaitu Ext4, filesystem Ext4 ini dinyatakan stabil dan didukung sejak kernel linux 2.6.28, selain itu dengan Filesystem Ext4 ini membuat waktu boot menjadi lebih cepat. Untuk partisi root saya mencoba menggunakan Filesystem Ext4.

- Download Repositori
Untuk mendownload repository ubuntu bisa menggunakan dvd repository ato download langsung dari internet, jika mendownload dari internet disarankan memiliki internet yang cukup lancar dan cepat, biar tidak bosan menunggu ^_^. Ternyata banyak sekali aplikasi yang disediakan di ubuntu ini, tidak harus menginstall semua aplikasinya, cukup menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja, karena terlalu banyak aplikasi yang di install akan membuat kondisi space hardisk kita semakin menipis, kecuali punya space hardisk yang besar. Bagi saya dengan adanya internet yang cukup stabil dan cepat memudahkan sekali untuk belajar linux, karena kadang ada berbagai masalah kecil atau bugs yang solusinya harus didapatkan dengan mencarinya di internet. Jadi saran menginstall linux adalah mempunyai konseksi internet, karena dapat mempercepat dan mempermudah proses belajar.

untuk menginstall paket aplikasi bisa mengggunakan “add and remove application” atau menggunakan “Synaptic Package Manager”

1. add and remove application
Masuk ke Application – Add/Remove, tampilannya seperti dibawah ini, pilih paket yang diinginkan lalu apply

add and remove

2. Synaptic Package Manager
Masuk ke System – Administration – Synaptic Package Manager, jika sudah tau paket apa yang mau diinstall atau dihapus, klik tombol search, dan masukkan nama paket. Untuk menginstall paket, klik kotak disebelahnya dan pilih Mark for installation.

Synaptic

- Themes
Saya juga mencoba merubah tampilan ubuntu saya dengan menginstall themes, ada dua environtment di dalam linux yaitu KDE dan Gnome, ubuntu menggunakan Gnome(G Network Objek Model Environtment), saya sendiri mendownload paket instalasi themes, icon, background dan fitur lainnya untuk mempercantik environtment Gnome di
www.gnome-look.org, dan hasilnya tidak kalah dengan windows.

Themes

Dari semua proses instalasi dan penggunaan saya tidak merasa kesulitan, wireless laptop pun terdeteksi dengan baik sehingga ketika login langsung dapat terhubung ke jaringan wireless ADSL di rumah. Namun di linux belum ada program editor seperti Adobe Photosop, atau Dreamweaver, tapi linux tidak kalah dengan windows, dan kalau ingin menggunakan aplikasi windows di linux bisa menginstall wine (wine is not emulator). Saat ini saya jadi lebih tertarik menggunakan linux karena tidak kalah fitur dengan windows, selain itu kalo ada yang open source(gratisan) dan bagus buat apa pilih yang bayar ^_^.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES