Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Minggu, 10 Januari 2010

Blog VS Facebook

Facebook.. Siapa yang tidak tahu dengan website jejaring sosial ini. Dalam waktu singkat sudah mampu “menyihir” para pengguna internet si seluruh dunia. Tidak perduli tua atau muda, siswa atau mahasiswa, bahkan PNS atau penjabat. Ya.. Facebook menjadi sebuah fenomena saat ini, jutaan user sudah terdaftar di dalam situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini.Facebook sangat menarik karena selain bisa dijadikan ajang untuk mencari teman, pihak Facebook sendiri menyediakan berbagai macam aplikasi dan games yang membuat para penggunanya menjadi ‘ketagihan’ untuk selalu membuka facebook. Walaupun hanya sekedar mengupdated status mereka atau juga untuk bermain games.

Tapi menurut saya pertemanan di facebook hanya pertemanan yang SEMU. Apa alasan saya berkata seperti itu? Sebelumnya saya sudah memerhatikan sedikit pengguna facebook dari teman saya ataupun keluarga saya. Ketika mereka mencari teman biasanya mereka melihat :wajah atau foto. Kemudian mereka tambahkan orang tersebut menjadi teman. Apakah kemudian terjadi perckapan atau keakraban? Sebagian besar TIDAK. Hanya sekedar menambah jumlah teman saja dan setelah itu ya sudah :) Jadi secara garis besar ‘manfaat facebook’ adalah : updated status, upload foto, chat, games, cari teman. Dan yang saya perhatikan juga adalah kebanyakan hanya ngobrol atau melakukan pembicaraan dengan teman yang sudah dikenal, seperti teman sekolah, teman kampus atau rekan kerja di kantor.

Sekarang coba kita lihat blog. Blog saya sebut sebagai sarana berbagi. Entah itu pendapat atau opini, kisah sehari-hari (diary), motivasi, tips & trik, dll. Sama seperti facebook, mendaftar di blog juga gratis. Ada 2 platform blog yang tenar saat ini, yaitu WordPress dan Blogspot. Tapi saya tidak akan membahas soal platform, tapi manfaat atau kelebihannya.

Blog merupakan saran berbagi informasi yang sangat bagus. Anda bisa menuliskan apa yang sedang Anda pikirkan, apa yang pernah Anda alami, atau berbagi tips soal masakan, komputer, dll. Setelah tulisan Anda di publish maka akan ada yang mampir ke blog Anda dan mengomentari tulisan Anda. Yang terjadi adalahkomunikasi 2 arah antara penulis dan pembaca. Dan ini bisa mengalir hingga ke tali persahabatan, seperti yang saya alami sendiri :)

Mungkin bisa Anda lihat pada saat Pesta Blogger 2009 yang baru saja diadakan beberapa waktu yang lalau, dimana ribuan blogger berkumpul. Itu menandakan bahwa keakraban antar-blogger sungguh terasa. Tidak seperti facebook yang hanya “updated status, upload foto, chat, games, cari teman”, tetapi blog juga bisa menumbuhkan rasa kekeluaragaan, semangat berbagi, solidaritas, meningkatkan kemampuan menulis, peka terhadap sekitar, dan masih banyak lagi.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES