Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Selasa, 26 Januari 2010

Sejarah Google

Siapa sih hari-hari ini yang tak kenal Google? Search engine unik yang telah meruntuhkan kejayaan Altavista, Lycos, InfoSeek, dan mayoritas search engine generasi tua. Di awal kemunculan dan masa betanya, Google telah menunjukkan betapa kuno teknologi pencarian Altavista dan search engine lain saat itu. Kualitas sebuah mesin pencari adalah relevansi hasil. Disini saya akan membahas Sejarah Google yang Rajanya Search Engine di Dunia. Google dimulai pada bulan Maret 1996 sebagai proyek riset oleh Larry Page dan Sergey Brin, Ph.D. mahasiswa di Stanford bekerja di Stanford Digital Library Project(SDLP). Tujuan yang SDLP adalah “untuk mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk satu, terpadu dan universal perpustakaan digital.” Dan didanai melalui National Science Foundation antara lain agen-agen federal. Di cari tema disertasi, Halaman dianggap-antara lain-menjelajahi sifat-sifat matematis World Wide Web, pemahaman yang struktur link sebagai grafik besar. Terry Winograd pengawas Nya mendorongnya untuk memilih ide ini (yang Page kemudian diingat sebagai ” Saran terbaik yang pernah saya mendapat “) dan Page difokuskan pada masalah mencari halaman web yang link ke suatu halaman tertentu, mengingat jumlah dan sifat backlink tersebut menjadi informasi berharga tentang halaman tersebut (dengan peran kutipan dalam penerbitan akademik dalam pikiran). Dalam proyek penelitian, yang dijuluki “BackRub”, ia segera bergabung dengan Sergey Brin, sesama mahasiswa Ph.D. Stanford didukung oleh National Science Foundation Graduate Fellowship. Brin telah seorang teman dekat, yang Page telah pertama kali bertemu pada musim panas 1995 sekelompok mahasiswa baru yang potensial yang Brin telah menawarkan diri untuk acara seputar kampus. Page penjelajah web menjelajahi web mulai Maret 1996, menetapkan keluar dari halaman itu sendiri Stanford home page sebagai satu-satunya titik awal. Untuk mengkonversi backlink data yang dikumpulkan ke dalam suatu ukuran yang penting untuk suatu halaman web, Brin dan Page mengembangkan algoritma PageRank. Menganalisis BackRub output-yang, untuk URL yang diberikan, terdiri dari daftar peringkat link balik oleh penting-hal itu terjadi kepada mereka bahwa sebuah mesin pencari berdasarkan PageRank akan menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada (mesin pencari yang ada pada saat dasarnya menilai hasil berdasarkan berapa kali pencarian tersebut muncul pada halaman). Sebuah mesin pencari kecil bernama RankDex sudah menjajaki strategi yang sama.

server google pertama kali

Server Pertama Google

Awalnya mesin pencari tersebut menggunakan website Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan pada 15 September 1997. Mereka secara resmi menggabungkan perusahaan mereka, Google Inc, pada 4 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park, California.

Baik Brin dan Page telah telah melawan menggunakan iklan pop-up pada sebuah mesin pencari, atau “didanai iklan mesin pencari” model, dan mereka menulis makalah penelitian pada tahun 1998 mengenai topik saat masih mahasiswa. Namun, mereka segera berubah pikiran dan awal pada iklan teks yang sederhana diperbolehkan.

Nama “Google” berasal dari kesalahan ejaan dari “googol,” yang mengacu pada jumlah diwakili oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol (meskipun Enid Blyton menggunakan kata dekade sebelumnya di “Google Bun” — Bab IX, The Magic Faraway Tree). Setelah menemukan jalannya semakin ke dalam bahasa sehari-hari, kata kerja, “google,” telah ditambahkan ke dalam Merriam Webster Collegiate Dictionary dan Oxford Dictionary Inggris pada tahun 2006, yang berarti, “untuk menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet.”

Pada akhir tahun 1998, Google memiliki indeks dari sekitar 60 juta halaman. Halaman Rumah itu masih ditandai “BETA”, tapi sebuah artikel di Salon.com sudah berpendapat bahwa hasil pencarian Google lebih baik daripada pesaing seperti Hotbot atau Excite.com, dan memuji itu untuk menjadi lebih teknologi inovatif daripada overload situs portal (seperti Yahoo!, Excite.com, Lycos, Netscape Netcentre, AOL.com, Go.com dan MSN.com) yang pada saat itu, selama semakin dot-com bubble, dipandang sebagai “masa depan Web”, terutama oleh investor pasar saham.

Pada bulan Maret 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Avenue di Palo Alto, rumah bagi beberapa dicatat teknologi di Silicon Valley. Setelah cepat tumbuh melampaui dua situs lainnya, perusahaan ini menyewa sebuah komplek bangunan di Mountain View di 1600 Amphitheatre Parkway dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 1999. Perusahaan ini telah tetap di lokasi ini sejak itu, dan komplek ini sejak menjadi dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata Googolplex, nilai googol dikalikan dengan kekuatan googol). Pada tahun 2006, Google membeli properti dari SGI sebesar $ 319 juta.

Mesin pencari Google menarik pelanggan setia di antara meningkatnya jumlah pengguna Internet, yang menyukai desain sederhana. Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci pencarian. Iklan-iklan berbasis teks mempertahankan uncluttered desain halaman dan untuk memaksimalkan kecepatan loading halaman. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan klik-through, dengan penawaran dimulai pada $ .05 per klik. Model penjualan iklan kata kunci dirintis oleh Goto . com (kemudian berganti nama menjadi Overture Services, sebelum diambil alih oleh Yahoo! dan diganti merek menjadi Yahoo! Search Marketing). Walaupun banyak dari pesaing dot-com gagal dalam pasaran Internet baru, Google diam-diam naik bertubuh sambil menghasilkan pendapatan.

Kesimpulan

Sampai disukai semua orang, Google memperoleh Webby Awards tiga kali berturut-turut, terakhir untuk kategori Best Practices. Apa saja praktik Google yang layak ditiru?

Pertama, Google menjadi favoritas massa karena sederhana dan jalan. Sayang sekali, banyak sekali situs yang tidak jalan. Desain minimalis Google perlu diteladani. Dalam menyusun halaman depan, pertimbangkan seberapa banyak informasi yang Anda miliki, dan juga seberapa banyak informasi yang cukup penting dan layak disajikan. Hanya tonjolkan sedikit saja yang penting, lalu sembunyikan, kecilkan, redupkan yang lain. Bantu pemakai mencari informasi di situs Anda, jangan malah membuat mereka bingung dengan menyodorkan semua yang Anda punyai sekaligus.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES