Selamat datang di IpediaVista Blog Media Pembelajaran Informatika

Rabu, 20 Januari 2010

Perbaiki Fasilitas Auto Play

Anda memasukkan CD musik atau mungkin juga DVD/VCD berisi film ke DVD/CD drive. Bukannya musik atau gambar yang keluar, justru tidak ada apa-apa yang hadir. Kok aneh ya? Padahal biasanya begitu CD/DVD diselipkan, musik langsung mengalun. Mengapa kali ini beda?

Begitu banyak kemungkinan penyebab Windows menjadi seperti itu. Mungkin tanpa kita sadari kita pernah memodifikasi file tertentu pada sistem atau pernah meng-install peranti lunak tertentu yang menyebabkan Windows menjadi error. Tapi, tenang saja. Ada suatu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi hal ini.

Klik kanan pada CD atau DVD-ROM drive pada Windows Explorer dan pilih Properties yang kemudian akan membawa kita pada kotak dialog Properties. Klik tab Autoplay, lalu mulai aturlah pada menu yang tampak. Tindakan apa saja yang kita inginkan agar Windows bertindak saat kita memasukkan CD/DVD ke dalam CD/DVD-ROM.

Misalnya jika kita memasukkan CD/DVD musik maka Windows Media Player akan secara otomatis memainkan CD musik kita. Atau saat kita memasukkan CD/DVD yang berisi data, secara otomatis Windows akan menampilkan file apa saja yang terdapat dalam CD /DVD. Masih banyak lagi tindakan otomatis yang bisa dilakukan Windows yang bisa kita atur sendiri dalam tab Autoplay ini.

Bila ternyata setelah kita atur sedemikian rupa tab Autoplay ini tapi Windows tetap tidak bereaksi saat kita memasukkan CD atau DVD ke dalam drive, berarti memang ada sesuatu yang tidak beres dengan Windows. Namun jangan panik atau putus asa dan buru-buru meng-install ulang Windows. Karena masih ada alternatif untuk memulihkan atau mengatasi hal ini.

Microsoft’s Autoplay Repair Wizard yang bisa di-download di http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=c680a7b6-e8fa-45c4-a171-1b389cfacdad&DisplayLang=en dapat memperbaiki masalah ini. Ikuti saja langkah-langkah instalasinya, mulai dari proses download sampai selesai.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

 
Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES